Rabu, 23 Maret 2016

Cara Upgrade Android

Sebelum tahu Cara Upgrade Android (Perbaharui OS Android) melalui HP langsung maka ada hal yang harus anda pastikan, yakni anda menggunakan operating system Android apa? maksudnya versinya, selain itu apakah versi yang kamu gunakan masih tersedia yang terbarunya atau mungkin sudah tidak diperbaharui lagi oleh Google Inc. yang merupakan pemilih sah brand ini saat ini, ya mungkin karena dianggap sudah jadul dan lebih memilih mengembangkan yang tipe lainnya. Sebut saja untuk type Kitkat, sekarnag ini di tahun 2015 tidak lagi disediakan upgradenya. Jika sudah melakukan identifikasi pada dua hal tersebut maka barulah bisa melakukan upgrade dengan beberapa langkah tutorial yang akan dijelaskan di bawah. Tapi sejatinya yang membuat update dari aplikasi ini dari Google sendiri hanya saja tergantung dengan vendor yang menjual HP tersebut, apakah versi terbarunya juga termasuk dalam pembelian atau tidak, jika tidak maka mungkin akan ada ketentuan lain bagi penggunanya, apakah berbayar atau gratis.
Sebelum masuk ke pembahasan, Caraspot sedikit mau memberi info soal aplikasi Android ini, ya sebenarnya awal mulanya brand ini bukan milik Google, sekalipun yang menjadi investornya yang mendanai proyek awal dan pengembangannya Google juga termasuk salah satunya, dan barulah pada tahun 2005 Google akhinya berhasil mengakuisisi perusahaan ini dan menjadikan Android sepenuhnya menjadi miliknya, baik brand maupun sistem di dalamnya. Kalau dulu mungkin kita lebih mengenal yang namanya Symbian, namun pada tahun 2010 HP yang menggunakan OS ini akhirnya bisa digeser ketenarannya. Mengapa tidak? dengan dukungan kurang lebih 700.000 aplikasi yang dibuat khusus untuk sistem operasi ini, dan terus bertambah hingga sekarang, menjadikan banyak orang lebih senang menggunakannya, apalagi sekarang orang-orang lebih senang menggunakan sistem layar sentuh dibanding yang menggunakan tombol yang memang jadi andalan handphone Android saat ini.
Oke Guys! Sesuai yang Caraspot ungkapkan di atas bahwa untuk melakukan upgrade Android ke versi terbaru tanpa PC maka haruslah diketahui dulu apa versi atau typenya. Ada hal unik dan menarik pada penamaan semua versinya yangmana menggunakan nama-nama makanan manis dan pencuci mulut. Cukup unik kan? nah berikut ragamnya yang kami sadur dari situs Wikipedia:

Versi Android

  • Android 1.0 & 1.1 (API level 1, yang paling pertama release)
  • Cupcake 1.5
  • Donut 1.6
  • Eclair 2.0 dan 2.1
  • Froyo 2.2–2.2.3
  • Gingerbread 2.3–2.3.2 dan 2.3.3–2.3.7
  • Honeycomb 3.0, 3.1, dan 3.1
  • Android Ice Cream Sandwich 4.0–4.0.2 & 4.0.3-4.0.4
  • Jelly Bean 4.1, 4.2 & 4.3
  • KitKat versi 4.4
  • Android 5.0 Lollipop
Lalu HP android yang anda pegang sekarang menggunakan versi yang mana? Kalau pakai Kitkat maka baiknya tidak usaha baca artikelnya ini, cukup belajar saja soal cara membuat blog keren dan menarik yang sudah kami ulas, siapa tahu bisa menghasilkan uang dari sana.

Proses Cara Upgrade Android ke Versi Terbaru

tips cara upgrade hp androidSebelum lanjut anda harus tahu kalau sebenarnya caranya tidak melulu harus melakukan beberapa langkah rumit yang harus dilakukan setiap saat tapi ada alternatif lain dimana kita cukup melakukan sekali pengatuan dan selanjutnya secara otomatis akan melakukan update sendiri, yang penting internet atau data selulernya selalu diaktifkan, ya pastinya paket internetnya jangan putus setiap bulannnya, kalau bisa pakai AON Tri aja kan bisa online selama setahun tanpa harus isi ulang terus. Berikut beberapa caranya:
Sekedar info, jika sudah berhasil jangan lupa cek juga : Aneka Aplikasi Android Terbaik yang Banyak Digunakan…

1.  Upgrade Otomatis

Fungsi utama melakukan cara upgrade OS Android ini agar kita tak harus selalu mengupdatenya sendiri, dan jika sudah dilakukan maka setiap kali type atau versi terbarunya keluar maka akan ada pesan untuk melakukan upgrade, tinggal klik “Ok” maka OS Androidmu pun sudah jadi yang terbaru. Umumnya yang menyediakan layanan seperti ini adalah HP Samsung dan Sony. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Aktifkan layar depan handphone-mu (jangan membuka aplikasi apa pun)
  2. Tekan di bagian kiri bawah ponselmu (bukan di layar touchscreen-nya) yang tandanya seperti ada dua garis..
  3. Jika berbahasa Indonesia, selanjutnya, klik tulisan “Pengaturan” yang icon-nya seperti roda bergerigi.
  4. Kalau misalnya kamu pakai HP Samsung Ace 3 maka setelah itu kamu klik menu “Lainnya” lalu di bagian bawah sekali klik lagi “Tentang Perangkat” atau “About” untuk yang menggunakan tampilan bahasa Inggris.
  5. Barulah tekan menu “Perbarui Perangkat Lunak” lalu centang pilihan “Perbarui Otomatis”.
  6. Tededdd…! Setelah kamu tidak perlu lagi melakukan langkah seperti di bawah, tinggal tunggu Google memperbaharui OS Android-nya dan akan disampaikan lewat HP-mu langsung bahwa kamu bisa melakukan upgrade untuk tipe versi terbarunya.

2.  Perbaharui OS Android secara Manual

Kalau cara upgrade HP android di atas kamu tak perlu repot, nah di sini kamu harus melakukan beberapa proses ringan yang walau tidak memakan waktu banyak tapi tetap harus dikontrol dan dijadwalkan agar versi OS Androidmu tidak lawas dan ketinggalan jaman sendiri di banding handphone dengan sistem operasi sama yang digunakan temanmun. Hanya saja dengan melakukan ini ada kelebihan lain yang kita dapatkan, yakni kita tidak perlu capek mengklik ‘tidak’ setiap kali ada perintah upgrade, karena biasanya kalau otomatis, selama tidak kita ikuti sarannya maka kita harus selalu memberi jawaban apakah Iya atau Tidak untuk melakukan pembaharuan, sekalipun sebenarnya ada juga pilihan untuk ini. Di samping itu, kalau misalnya kita lagi malas menggunakan internet kita bisa memilih tidak melakukan upgrade sama sekali tanpa harus ada yang mengingatkan. Adapun step-nya:
  1. Backup – Yang pertama harus dilakukan dan yang paling penting menurut Caraspot adalah dengan melakukan Backup lebih dulu, ini untuk menghindari kalau nantinya ada kesalahan dan file anda hilang akibat proses ini. Dalam hal ini kita bisa melakukan Backup dengan jalan menggunakan aplikasi backup file untuk HP Android sebagaimana telah dibahas dalam artikel “Aplikasi Android Terbaik Gratis dan Berbayar yang Terpopuler dan Banyak Digunakan” (silahkan merujuk ke sana) di sana kamu bisa belajar jenis aplikasi apa yang bagus untuk ini, tapi saya sarankan yang bisa langsung terhubung dengan akun Gmail atau Dropbox karena jauh lebih simple. Atau kalau mau dengan cara lain anda bisa menggunakan memory External yang nantinya bisa di masukkan lagi kalau prosesnya sudah selesai.
  2. Sambungan internet – Namanya upgrade secara online sudah pasti harus menggunakan internet, makanya pastikan dulu menu “Data Seluler” aktif (untuk pengguna hp Samsung). Tapi umumnya biasanya sangat disarankan pakai internet Wi-Fi karena akan terhindar dari masalah lemot dan proses upgrade putus karena koneksi internet  yang terganggu. Lebih baik lagi kalau ada yang gratisan punya teman atau kantor yang tidak melarang penggunaan internet untuk pribadi.
  3. Baterai – Cek dulu masih sisah banyakkah pemakaian baterai yang tersedia? jika sisa beberapa menit saja atau misalnya ada tanda yang terlihat dilayar kalau daya baterainya sudah mau habis maka baiknya di-charge dulu. Kenapa demikian? ya, karena kalau misalnya saat proses upgrade masih berlangsung dan HP mati karena masalah ini maka mau tidak mau anda harus mengulangnya dari awal lagi karena sudah pasti proses yang sudah berjalan beberapa langkah akan error.
  4. Space Drive – Ini juga wajib diketahui, sebelum upgrade hp androidmu karena jika tidak mencukupi untuk menggunakan versi terbarunya juga akan bermasalah. Disarankan kalau mau leluasa melakukan penginstalan maka minimal 1 GB untuk space drive yang tersisa atau kalau tidak bisa usahakan sediakan sekitar 512 MB saja. Caranya ya cukup hapus beberapa game yang tidak terpakai. Adapun kalau mau tahu berapa total kapasitas space dalam HP-mu dan sudah berapa banyak yang terpakai maka caranya yaitu dengan mengikuti seperti cara upgrade otomatis di atas hingga langkah ke-4, yaitu Layar Utama >> Kiri Bawah Ponsel >> Pengaturan >> Lainnya >> Penyimpanan, selanjutnya klik “Kapasitas Tersedia” di menu paling bawah dari Total Raung.
  5. Langkah-langkahnya – Jika 4 hal di atas sudah terpenuhi, barulah mulai melakukan update system di bawah ini:

a. Bahasa Indonesia

Halaman Depan >> Kiri Bawah Ponsel >> Pengaturan >> Lainnya >> Tentang Perangkat >> Perbarui Perangkat Lunak  >> Perbarui (selanjutnya tinggal ikuti perintah yang diminta)

b. Inggris

Home (Layar Muka) >> Settings >>More >> About Device >> Software Update >> Update
Jika pesan ini yang muncul: Unable to connect network , itu artinya internet tidak tersambung. Jadi segera aktifkan dulu internetnya. Caranya kembali ke halaman paling depan lalu tarik turun layarnya dengan menekan pelan bagian paling atas layar lalu tarik ke bawah, selanjutnya pilih “Mobile Data” untuk mengaktifkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar